Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Pengertian URL

Pengertian URL - URL atau Uniform Resource Locator, merupakan rangkaian karakter yang bisa berupa angka, huruf atau simbol, disusun dengan format standar tertentu. URL digunakan untuk menunjukan atau mengenali alamat sebuah halaman Website atau sumber daya yang ada seperti dokumen atau gambar yang terdapat di Internet.

Ada tiga bagian penting dari URL untuk menuju ke alamat tertentu yaitu Protokol yang berfungsi untuk mengatur komunikasi data di internet misalnya http:// atau https://, Alamat Server yang menunjukan letak sumber daya misalnya untuk Blogger adalah www.blogger.com dan Path File atau permalink yang biasanya diberi tanda garis miring (/).

pengertian url

Secara umum, URL dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu URL Absolute dan URL Relative. URL Absolute adalah url yang penentuan alamatnya disertai dengan nama domain dan lokasi direktori dokumen yang sedang dibuka, sedangkan URL Relative adalah url yang penentuan alamatnya sesuai dengan alamat url yang sedang aktif pada saat itu.

URL diciptakan oleh Tim Banners-Lee pada tahun 1991 dengan tujuan mempermudah para penulis dokumen mereferensikan pranala ke WWW. Selanjutnya pada tahun 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah URI atau Uniform Resource Identifier yang lebih umum sifatnya.

Demikian sekilas tentang URL untuk Anda, semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer