Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Cara Menggunakan Fitur NFC Di Android

Cara Menggunakan Fitur NFC Di Android - Near Field Communication atau disingkat NFC merupakan salah satu fitur yang ada di Smartphone. Bagi pengguna Android, NFC atau yang juga dikenal dengan Android Beam merupakan fitur yang sangat berguna sebagai sarana transfer data. Android Beam dapat melakukan transfer data jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan bluetooth atau fitur sejenisnya. 

Selain bertukar data seperti foto, video, audio atau file lainnya, NFC juga dapat digunakan untuk melakukan pembayaran dan cek saldo E-Money, E-Toll, Indomart Card, dan lainnya. Komunikasi fitur ini akan terjadi jika perangkat yang sama-sama memiliki fitur NFC aktif saling berdekatkan. Bila Smartphone  Android Anda telah terinstall fitur NFC, berikut ini cara mengaktifkan dan menggunakan fitur NFC di smartphone Android :

Mengaktifkan Fitur NFC
Cara mengaktifkan NFC setiap handphone sama, namun tata letak pengaturannya pada masing-masing handphone bisa berbeda. Pastikan handphone Anda sudah memiliki fitur NFC.

1. Masuk ke Setelan/Pengaturan ponsel Anda.
2. Masuk ke Pengaturan Sambungan atau Pengaturan Lainnya.
3. Sentuh tombol pada NFC untuk mengaktifkannya.

mengaktifkan fitur nfc
mengaktifkan fitur nfcdi android
Cara Tranfer Data Menggunakan NFC
Untuk berbagi data ke handphone lain, pastikan fitur NFC pada handphone lain juga telah aktif. Setelah fitur NFC telah sama-sama aktif, selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut ini :

1. Pilih file yang ingin dibagikan, misalnya file musik.
2. Tekan file hingga muncul icon    Share.
3. Sentuh icon Share hingga muncul icon Android Beam.
4. Dekatkan kedua perangkat, kemudian sentuh icon Android Beam.
5. Selesai.

transfer file music dengan nfc

Itulah Cara Menggunakan Fitur NFC Di Android yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer