Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Apa Itu Internet ?

Apa Itu Internet ? Internet atau Interconnected Network adalah sistem jaringan yang saling terhubung antar komputer dan jaringan komputer lainnya yang ada diseluruh dunia dengan menggunakan standar system global Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). TCP dan IP berguna sebagai protokol pertukaran informasi yang dapat digunakan oleh jutaan atau bahkan milliaran pengguna internet diseluruh dunia.

TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua koneksi berjalan dengan baik, sedangkan IP bertugas untuk mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Untuk mengakses informasi di internet maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang disebut browser. Dari sekian banyak browser, Anda dapat menggunakan Google Chrome sebagai alat penjelajah web di internet atau menggunakan browser yang lainnya.

apa itu internet
Image : maxpixel.net

Kehadiran internet dimulai pada tahun 1969, dimana pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika melalui Advanced Research Projects Agency (ARPA) merintis sebuah proyek sistem jaringan yang diberi nama ARPANET. Dari proyek ARPANET inilah kemudian terbentuk teknologi Internet yang terus berkembang hingga sekarang.

Semua komputer yang terhubung ke internet dapat mengakses segala informasi yang terdapat di internet secara gratis. Ada dua peranan internet yang sangat penting, yaitu sebagai sumber data dan informasi, dan sebagai sarana pertukaran data dan informasi. Akses dan pertukaran informasi tersebut dapat dilakukan secara cepat.

Demikian sekilas informasi tentang internet, semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer