Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Pengertian WWW

Pengertian WWW -  WWW atau World Wide Web merupakan sebuah ruang informasi di Internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Indentifier (URI) untuk mengenali sumber daya atau layanan di internet. World Wide Web juga merupakan kumpulan server web dari seluruh belahan dunia yang berfungsi sebagai penyedia data dan informasi yang bisa digunakan bersama.

WWW bukanlah internet secara keseluruhan,  tetapi merupakan bagian dari internet yang dapat menampilkan berbagai data dan informasi yang ada di internet, baik berupa teks, gambar, suara atau video. WWW dapat disimpulkan sebagai kumpulan dokumen yang  saling berkaitan dengan menggunakan konsep hypertext yang tersimpan di server web.

world wide web
Image : pixabay.com

Di tahun 1991, Tim Berners Lee dari CERN (European Organization for Nucler Research) menemukan WWW. Selanjutnya di tahun 1993, WWW telah dapat digunakan oleh publik secara gratis. Sejak saat itu hingga kini WWW terus digunakan sebagai penghubung antara pengguna dengan berbagai server web di internet. Untuk mengakses WWW, Anda bisa menggunakan Vivaldi browser atau browser lainnya.

Fungsi layanan WWW secara umum

1. Web Mail Service yaitu web yang berfungsi untuk mengirimkan surat elektronik atau email ke pada sesama pengguna internet. Yahoo Mail adalah salah satu layanan web mail yang bisa anda gunakan. Anda bisa pelajari cara membuat email Yahoo jika ingin menggunakannya.

2. Search Engine yaitu web yang berfungsi untuk menjelajahi berbagai alamat situs. Google Search adalah salah satu dari sekian banyak search engine yang bisa Anda gunakan.

3. Web Hosting yaitu web yang digunakan untuk menyimpan data base dari website sehingga dapat diakses menggunakan sambungan internet.

4. Portal yaitu web yang didalamnya terdapat beberapa layanan seperti email, berita, hiburan, olahraga, dan lain sebagainya. Salah satu contoh web portal yang bisa Anda kunjungi yaitu Yahoo.com.

Demikian sekilas tentang WWW untuk Anda, Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer