Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Cara Meningkatkan Akurasi GPS Di Android

Cara Meningkatkan Akurasi GPS Di Android - Global Positioning System atau GPS adalah sebuah sistem navigasi berbasis satelit yang berguna untuk menentukan letak atau lokasi di permukaan bumi. Saat ini GPS telah menjadi salah satu fitur wajib bagi para pengguna Smartphone, termasuk yang berbasis Android. Banyak aplikasi peta di Android yang memanfaatkan teknologi GPS ini seperti Google Maps, Waze, dll.

Fitur GPS yang ada di Smartphone Android tentunya sangat membantu Anda saat ingin mengetahui sebuah lokasi, namun terkadang sinyal yang dihasilkan tidak akurat. Untuk meningkatkan akurasi GPS Android Anda, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan :


Mengaktifkan Akurasi Lokasi Google
- Buka pengaturan atau setelan Smartphone Anda'
- Buka menu Keamanan & Lokasi, kemudian pilih "Lokasi".
- Pilih "Akurasi Lokasi Google".
- Aktifkan "Tingkat Keakuratan Lokasi".

Catatan : tampilan menu Setelan setiap handphone bisa berbeda.

akurasi lokasi google

Menghapus Cache di Aplikasi GPS
File cache yang tersimpan terlalu banyak bisa menjadi salah satu penyebab GPS tidak akurat sebab membuat GPS tidak bisa menentukan posisi koordinat terakhir pengguna sehingga GPS akan mengambil koordinat terakhir yang ada di dalam cache aplikasi GPS. Oleh sebab itu jangan pernah membiarkan cache tersimpan terlalu banyak pada aplikasi GPS seperti Google Maps dan lainnya. Sebaiknya hapus cache pada aplikasi-aplikasi GPS di Smartphone Anda.

Refresh Data GPS
Merefresh data GPS dapat membantu meningkatkan akurasi GPS di Smartphone Android Anda. Untuk refresh data GPS, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ke tiga yang ada di Google Play Store seperti GPS Status & Toolbox dan sejenisnya.

Install Ulang Aplikasi GPS
Setelah berbagai cara telah Anda lakukan\, namun GPS di Androis Anda tetap tidak akurat, maka kemungkinan hal itu disebabkan adanya masalah pada aplikasi GPS seperti Google Maps, Waze dan lainnya. Untuk itu coba uninstall aplikasi GPS Anda kemudian install kembali.


Itulah Cara Meningkatkan Akurasi GPS Di Android yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer