Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Mengenal Android

Mengenal Android - Android adalah sebuah sistem operasi berbasis kernel linux yang dirancang untuk perangkat dengan layar sentuh seperti Smartphone dan komputer tablet. Android pertama kali dikembangkan oleh Android, Inc yaitu sebuah perusahaan yang beralamat di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Didirikan pada Oktober 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Sejak secara resmi dirilis pada tahun 2007, hingga kini Android terus berkembang sebagai sistem operasi yang banyak digunakan di berbagai perangkat seluler.

Pada awalnya Android dirancang untuk digunakan pada kamera digital, namun karena pasar untuk kamera digital tidaklah terlalu besar, maka Andy Rubin dan kawan-kawanya memutuskan untuk mengalihkan penggunaan Android untuk Smartphone. Selanjutnya Android dipasarkan sebagai sistem operasi bagi telepon seluler untuk menyaingi Smartphone berbasis Symbian dan Windows Mobile. 

sistem operasi android

Pada bulan Juli 2005, Google secara resmi mengakuisisi Android, Inc dengan nilai sebesar US$50 juta, dan menjadikannya sebagai anak perusahaan. Para pendirinya seperti Andy Rubin dan lainnya tetap bekerja di perusahaan sebagai pimpinan proyek Android. Selanjutnya Google ikut berkompetisi dalam perangkat seluler dengan memasarkan platform perangkat seluler yang berbasis kernel linux.

Sejak tahun 2008, Android mulai melakukan sejumlah pembaharuan secara bertahap untuk meningkatkan kinerja sistem operasi, penambahan fitur baru, dan memperbaiki bug yang terdapat pada versi sebelumnya. Handphone Android pertama yang diberi nama G1 atau HTC Dream mulai diperkenalkan pada Oktober 2008. 

Pada tahun 2010, Google merilis perangkat Smartphone pertamanya dengan sistem operasi Android yang diberi nama Nexus One.. Hingga kini Android terus berkembang dan menjadi sistem operasi yang terpopuler di kalangan pengguna Smartphone di seluruh dunia.

Share artikel... !

Artikel Populer