Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Apa Itu eSIM

Apa Itu eSIM - eSIM singkatan dari embedded SIM yaitu sebuah sim card non fisik yang sudah terintegrasi dengan perangkat ponsel. Tidak seperti kartu fisik yang memerlukan slot sim card untuk tempat kartu, eSIM tidak memerlukan slot sim card. Untuk pengisian data, cukup dengan memindai barcode atau QR code yang tersedia. Keuntungan utama dari kartu eSIM adalah Anda dapat dengan mudah dan cepat mengganti nomor kapan saja tanpa memerlukan kartu sim dari operator baru.

eSIM merupakan sebuah chip yang sudah tertanam di dalam perangkat (embedded) sehingga tidak bisa dilepas atau di ganti. Chip eSIM dapat langsung mendeteksi profil operator seluler yang tersedia di wilayah pengguna.  Oleh karena itu ketika Anda membeli samrtphone yang sudah menggunakan eSIM, maka Anda tidak perlu lagi membeli sim card fisik.

esim

eSIM mendukung Remote SIM Provosioning (RSP) sehingga dapat menyimpan dan mengadopsi profil atau akun yang berbeda. Dengan begitu Anda cukup mengganti operator tanpa harus membeli kartu baru jika ingin mengganti nomor. Begitu juga ketika Anda keluar negeri, maka tidak perlu lagi ganti kartu, sebab Anda bisa membeli layanan data di negara tujuan dan kemudian melakukan scan QR code yang ada maka Anda sudah busa mendapatkan layanan data.

eSIM atau elektronik Subscriber Identity Module merupakan teknologi terbaru di dunia telekomunikasi. Sama seperti kartu sim fisik, eSIM juga bisa Anda gunakan untuk panggilan telepon dan berlangganan paket Internet. Jika ingin menggunakan eSIM, maka selain ponsel yang sudah mendukung eSIM, operator yang ingin Anda gunakan juga harus sudah mendukung teknologi eSIM.

Demikian tentang teknologi eSIM yang kedepannya bisa menjadi pilihan banyak pengguna smartphone. Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer