Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Cara Membuat Password Yang Paling Aman

Cara Membuat Password Yang Paling Aman - Password merupakan sebuah kode keamanan yang digunakan untuk  masuk ke dalam suatu sistem dan bekerja melalui proses autentifikasi. Bentuk sebuah password bisa berupa kumpulan angka, huruf maupun karakter lainnya. Bagi para pengguna email atau media sosial, sebuah password menjadi sangat penting karena berfungsi untuk melindungi akun-akun mereka.

Password sengaja dibuat sebagai pelindung sebuah akun, namun begitu serumit apapun Anda membuat password, tetap saja password tersebut dapat ditembak oleh sistem komputer dan para hacker. Untuk itu, agar password yang Anda buat tidak mudah ditebak atau setidaknya para hacker memerlukan waktu yang lama untuk memecahkannya, berikut ini cara membuat password yang paling aman untuk Anda :

membuat password yang paling aman
Image : pixabay.com

Membuat Password Passphrase
Passphrase atau frasa sandi merupakan penggabungan  dari beberapa kata ke dalam satu baris seperti contohnya "hari ini saya ingin pergi ke mall" atau "aku ingin sekali bertemu dengan kamu". Dengan passphrase, maka para hacker akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memecahkannya. Dalam membuat passphrase, gunakanlah kata-kata yang unik dan jangan menggunakan kata-kata yang cukup populer misalnya kata-kata dari sebuah pantun atau lirik sebuah lagu.

Membuat Password Berbeda Untuk Setiap Akun
Jika Anda memiliki beberapa akun seperti akun media sosial, email dan akun online yang lainnya, sebaiknya jangan menggunakan password yang sama pada semua akun Anda. Hal ini dilakukan agar akun-akun Anda tidak mudah untuk diakses apabila salah satu password akun Anda sudah diketahui oleh para pencuri atau hacker.

Menggunakan Software Password Manager
Selain kedua cara manual tersebut, Anda juga dapat mengamankan password akun-akun Anda dengan menggunakan bantuan software password manager. Software ini akan menyimpan semua data login Anda ke website dan layanan online lainnya. Banyak software password manager yang bisa Anda gunakan seperti LastPass, iPassMan, KeePass, dll. Silahkan Anda mempelajarinya !

Baca juga artikel : Cara Melindungi Email Yahoo

Itulah Cara Membuat Password Yang Paling Aman yang bisa Anda lakukan untuk melindungi akun-akun Anda. Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer