Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog

Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog - Drop Cap atau Dropped adalah huruf pertama kalimat dalam paragraf yang dibuat lebih besar. Menampilkan huruf pertama pada kalimat lebih besar dapat membuat artikel Anda terlihat semakin menarik. Penulisan drop cap biasanya dapat Anda lihat di sebuah koran, majalah atau media cetak lainnya.

Membuat drop cap  di dalam artikel tidaklah serumit yang Anda kira. Anda hanya perlu memasukan kode tertentu ke dalam html tema dan artikel yang Anda buat. Bagi Anda yang tertarik membuat drop cap, berikut ini langkah-langkah membuat drop cap di artikel blog Anda :

1. Login ke blog Anda.
2. Pada menu navigasi, klik "Tema" > klik "Edit HTML".
3. Pada area html tema blog, cari dan temukan kode ]]></b:skin>. Untuk mempermudah pencarian, gunakan tombol Ctrl+F di keyboard Komputer Anda. Pada kolom pencarian, tuliskan kodenya kemudian Enter.
4. Copy kode di bawah ini, pastekan tepat di atas kode ]]></b:skin>

.dropcaps {
 color: #000;
 float: left;
 font-family: "Century";
 font-size: 350%;
 line-height: 40px;
 padding-right: 3px;}

- Century adalah model huruf, ganti sesuai keinginan Anda.
- 40px adalah tinggi huruf, ganti sesuai keinginan Anda.

5. Simpan tema.

Selanjutnya agar huruf awal kalimat menjadi besar sesuai keinginan Anda, maka Anda harus menempatkan huruf pertama kedalam kode : <span class="dropcaps">huruf pertama</span>

Contohnya jika Anda ingin membuat artikel yang diawali dengan kalimat "Membuat", penulisannya : <span class="dropcaps">M</span>embuat. Hasilnya akan tampak seperti dibawah ini,


Itulah Cara Membuat Drop Cap Pada Artikel Blog yang dapat Anda lakukan untuk menambah daya tarik artikel Anda. Semoga bermamfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer