Menyajikan Informasi Seputar Internet Dan Hal Lainnya

Cara Cek IMEI Handphone Legal Dan Ilegal

Cara Cek IMEI Handphone Legal Dan Ilegal - IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah identitas sebuah handphone yang berupa nomor atau kode unik dan berlaku secara internasional. Nomor IMEI masing-masing handphone berbeda-beda karena memiliki data identitas yang tidak sama. Salah satu fungsi nomor IMEI adalah untuk keamanan, misalkan handphone Anda dicuri orang atau hilang maka Anda bisa melaporkan nomor IMEI ke operator seluler yang Anda gunakan, sehingga handphone Anda tidak bisa digunakan orang lain.

Saat ini pemerintah melalui Kementrian Perindustrian (Kemenperin) akan memblokir handphone ilegal dengan menggunakan nomor IMEI yang masuk dan terdaftar. Jika nomor IMEI sebuah handphone tidak ada didalam database Kemenperin, maka handphone itu dinyatakan ilegal dan akan diblokir sehingga tidak dapat digunakan lagi. Bagi Anda yang ingin mengetahui nomor IMEI legal atau ilegal pada handphone Anda, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan :

Ketahui Nomor IMEI Handphone Anda
Nomor IMEI biasanya tertera pada box atau dus kemasan handphone. Perhatikan pada bagian stiker yang menempel pada dus handphone, disitu terdapat nomor IMEI handphone Anda, atau Anda dapat melihatnya langsung melalui handphone Anda dengan cara sebagai berikut :
  • buka panggilan telepon
  • ketikan *#06#
  • tekan call/ok
Setelah mengetahui nomor IMEI handphone Anda, selanjutnya untuk mengetahui apakah IMEI itu legal atau ilegal, lakukan cara berikut ini :

2. Pada kotak pencarian, masukan nomor EMEI handphone Anda.
3. Setelah memasukan nomor IMEI, klik tombol Search.

cek imei legal atau ilegal

4. Selanjutnya jika IMEI handphone Anda resmi maka akan tertulis keterangan "IMEI terdaftar di database Kemenperin".
5. Selesai, silahkan cek IMEI handphone Anda yang lainnya.

cek imei legal dan ilegal

Itulah Cara Cek IMEI Handphone Legal Dan Ilegal yang dapat Anda lakukan, sekarang Anda dapat menggunakan handphone dengan tenang dan nyaman tanpa takut diblokir. Semoga bermanfaat.

Share artikel... !

Artikel Populer